Petikan Pelajaran Hasil Nonton Project Runway

Rule number one, kalo lo masih dalam ajang kompetisi, jangan sok-sokan "Ini gaya gw, ini idealisme gw, yang penting gw udah berkarya sesuai dengan kata hati gw"...

BIG NO. You gotta go with the flow, go with the rules, selama lo masih di kompetisi, lo harus ikutin gimana maunya juri, perhatikan baik-baik "challenge" nya, suck it up, kesampingkan idealisme lo itu. Kalo mau idealis tuh nanti: kalo udah jadi winner, kalo lo udah bisa berdiri sendiri.

Rule number two, selalu perhatikan attitude, perhatikan sikap dan perilaku. Jangan sok, jangan jadi orang nyebelin, karena, siapa juga yang mau baik sama elo, atau ngedukung lo, kalo elo ngga bisa disukain sama siapa-siapa? Lagipula, attitude lo mencerminkan kesiapan lo dan komitmen lo terhadap kompetisi yang lo masukin ini.

Rule number three, jangan pernah, JANGAN PERNAH, berpikir seperti ini: "Gw pengen bertahan di kompetisi ini selama mungkin." Itu pemikiran PURE bukan pemikiran seorang pemenang. It's like, lo udah nyerah duluan belom apa-apa, belom apa-apa pikirannya udah eliminasi dan seolah-olah lo ada di ujung tanduk.

Seharusnya lo mikir, "Gw mau menang di kompetisi ini, gw mau jadi juara satu." Atau sengga-engganya ya, target lo tuh harus, "Gw harus bisa dapet kesempatan untuk show off di fashion week", alias jadi 3 yang terbaik. Tapi tetep, akan lebih baik kalo lo pancang target di kepala lo, optimis, yakin, dan memotivasi diri lo sendiri bahwa lo pantas untuk jadi nomor satu.

Rule number four, lagi-lagi ya... jangan pernah dan jangan pernah even kalo lo adalah orang paling jujur sedunia, jangan pernah sebut atau umbar kelemahan lo. Apalagi kalo lo ngga ditanya secara spesifik, atau ngga dipaksa untuk nyebut kelemahan lo itu.

Tapi, bear in mind, gw ngga mendukung lo untuk berbohong. Kalo emang ditanya pertanyaan yang jawabannya spesifik, dan lo tau it ain't gonna be good, bikin jawaban lo sebelibet mungkin. Kayak politikus atau orang PR gitu. Mereka ditanya apa, jawabannya ngga jelas, tapi masih menjawab. A.k.a. sepik.


* Originally posted on my Blogspot. Last edit: January 31, 2018.